14 April 2009

Sebagian Rakyat AS Yakini Obama Muslim

Sebagian Rakyat AS Yakini Obama Muslim
DAYLIFE.COM

BARACK HUSEIN OBAMA: Nama saat dilantik menjadi presiden USA

Riwayat Center-WASHINGTON -- Sekitar 11 persen rakyat Amerika Serikat (AS) masih menganggap Presiden Barack Husein Obama adalah seorang Muslim. Menurut hasil survei yang digelar Pew Research pada pertengahan Maret 2009, satu dari 10 penduduk Negeri Paman Sam meyakini bahwa Obama sebagai pemeluk agama Islam.

Hasil survei yang melibatkan 1.308 responden itu sungguh menarik. Pasalnya, saat dilantik pada 20 Januari lalu, Obama disumpah dengan menggunakan Bible. Namun, publik AS masih berpikir bahwa Obama adalah seorang Muslim. Pew Research dalam hasil surveinya yang dirilis pada Kamis (2/4) itu mengajukan pertanyaan kepada respondennya, ''Apa agama Barack Obama?''

Menjawab pertanyaan itu, satu dari lima penganut agama Protestan Evangelis meyakini bahwa Obama yang memiliki nama tengah bernuansa Islami itu sebagai seorang Muslim. Yang lebih mencengangkan, 17 persen pendukung Partai Republik juga berpendapat bahwa presiden berkulit hitam pertama di AS itu juga sebagai penganut Islam.

Hanya sekitar 38 persen dari penganut Protestan Evangelis dan 46 persen pendukung Partai Republik yang meyakini bahwa Obama sebagai pemeluk agama Kristen. Sementara itu, sebanyak 55 persen pendukung Partai Demokrat berpendapat, Obama penganut Kristen. ''Tujuh persen pendukung Demokrat meyakini bahwa Obama seorang Muslim,'' ungkap Pew Research dalam laporannya seperti dikutip ABC News, Jumat (3/4).

Sebanyak 68 persen dari responden berpendidikan perguruan tinggi berpendapat bahwa Obama bukanlah seorang Muslim, melainkan seorang Kristen. ''Hanya enam persen lulusan universitas yang meyakini Obama seorang Muslim. Kurang dari 14 persen responden yang berpendidikan menengah atas juga berpandangan sama,'' tutur Pew Research.

Menjelang pemilihan presiden AS, di Negeri Paman Sam sempat beredar kabar bahwa Obama adalah seorang Muslim. Tak heran jika hasil studi yang dilakukan Ohio University menunjukkan fakta bahwa hampir 91 persen rakyat Amerika mengaku pernah mendengar rumor bahwa Obama adalah penganut Islam.

Yang lebih mencengangkan lagi, 22 persen rakyat AS yang menjadi responden penelitian itu meyakini bahwa Obama adalah seorang Muslim. Hasil studi yang dirilis Kelly Garrett dari Ohio State University, dua hari setelah pelantikan Obama, memang sangat mengejutkan.hri

No comments:

Post a Comment