14 April 2009

Es Krim Dadiah Rasa Buah Olahan Mahasiswa UBH

Riwayat Center-PADANG--Siapa yang tidak mengenal dadiah? Makanan tradisional hasil fermentasi alami susu kerbau seperti yogurt yang rasanya asam dengan aroma spesifik ini hanya
ada di Sumatera Barat. Jika selama ini, orang hanya menggunakan dadiah sebagai pencampur ampiang atau dikenal ampiang dadiah tapi saat ini dadiah pun bisa diolah sebagai bahan pencampur cake atau menjadi jus dan sebagai bahan pencampur es cream

Kendati dadiah hanya terdapat di Sumbar, namun makanan ini masih belum menjadi trend mark makanan tradisional asal Sumbar secara menyeluruh. Tapi sekarang ditangan tiga orang mahasiswa Universitas Bung Hatta, dadiah menjadi Es Cream Dadiah Rasa Buah.

Didorong oleh jiwa kewirausahaan, Mellisa Fitri, mahasiswa Sastra Jepang dengan dua orang temannya Irvand dan Elsa Gita Azra, mahasiswa FKIP UBH, menjadikan dadiah sebagai produk baru berupa Es Cream Dadiah Rasa Buah, seperti rasa mangga, melon atau strawberri.

Menurutnya, selama ini umumnya dadiah tersebut, dikonsumsi langsung bersama nasi, dicampur dengan emping, ketan dibubuhi kepala parut dan gula merah serta dijadikan minuman yang segar. "Di kalangan anak muda makanan tradisional tersebut belum begitu populer", tegas Mellisa di sela-sela pembuatan es cream dadiah rasa buah di labor Biologi kampus III UBH.

Pembuatan es cream dadiah tersebut tidaklah begitu sulit, dengan bahan-bahan berupa dadiah, susu tepung full cream, gula, telur serta vanile, ditambah tepung maizena, hongkwe serta emulsifier. "Semua bahan-bahan tersebut setelah di blender lalu dibekukan selama lebih kurang 3 jam, maka es cream dadiah rasa buah sudah bisa disajikan", terang Melli.

Rasanya dadiah yang sudah dibumbui aroma buah terasa sangat menyegarkan. Jadi tidak perlu khawatir, bagi yang selama ini tidak menyukai dadiah, akan ketagihan dengan es cream dadiah rasa buah ini. (*/o)

No comments:

Post a Comment